PT KONTAKPERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Emas bisa jadi sedang berada pada ujung dari suatu rally berikutnya dan bergerak naik ke arah $1,800.

Metal berharga kuning mengalami kenaikan untuk minggu kedua setelah permulaan yang positip memasuki kuartal kedua, ditengah melemahnya dollar AS dan turunnya yields treasury 10 tahun AS. Emas berjangka Comex bulan Juni diperdagangkan di $1,779.90, naik 2% dalam seminggu.

Pergerakan naik dari emas terutama digerakkan oleh dollar AS, yang terus mengalami penurunan. Indeks dollar AS sekarang berada di 91.5. Selain itu hal yang penting yang harus dicatat adalah penurunan dari yields obligasi 10 tahun AS secara signifikan.

Imbal hasil treasury 10 tahun AS yang tiba – tiba berbalik turun, setelah berminggu – minggu lamanya mengalami kenaikan dan sempat mencetak rekor level tertinggi satu tahun di 1.776%, merosot ke level terendah satu bulan di 1,528% semalam.

Semua ini telah mendorong naik harga emas. Momentum bagi kenaikan harga emas jelas sedang ada sekarang.

Jika emas bisa ditutup di atas $1,815 pada minggu ini, akan ada momentum yang sangat baik untuk harga emas bergerak naik lebih tinggi. Kemungkinan melanjutkan kenaikan emas di pasar sekuler. Pasar telah sedikit tenang sekarang setelah mendapatkan banyak tekanan dari Federal Reserve AS dan ECB yang mencoba menenangkan yields obligasi dan ternyata usahanya tidak percuma. Hal ini memberikan keuntungan juga bagi metal berharga.

Melemahnya dollar AS pada akhirnya membuat emas bisa melangkah keluar dari rentang perdagangan yang terbatas. Dukungan naik terhadap dollar AS terhapus dengan yields treasury 10 tahun AS bergerak ke bawah batas psikologis yang penting di 1.60% yang mengakibatkan harga emas spot bergerak naik menembus simple moving average 50 hari untuk pertama kalinya sejak awal bulan Februari.

Minggu ini Federal Reserve beristirahat menjelang pengumuman kebijakan moneternya pada tanggal 28 April. Tidak adanya pejabat dari the Fed yang berbicara bisa berarti melemahnya dollar AS yang akan menguntungkan bagi emas. Minggu yang tenang tanpa banyak data ekonomi AS yang muncul dan tidak adanya pejabat the Fed yang berbicara bisa berarti terus berlangsungnya tren yang sudah ada sekarang dan sedikit melemahnya dollar AS.

Tidak ada resistance yang signifikan bagi harga emas sampai $1,800 dan resistance dari moving average 100 hari di $1,809.40 pada waktunya akan tertembus. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai emas ditutup di bawah $1,736.40.

Pasar juga mengkaliberasi ulang setelah menghargai terlalu banyak inflasi dengan terlalu cepat. Sebagai akibatnya sekarang inflasi turun. Hal ini menunjukkan bahwa pasar mengkaliberasi pandangannya. Terlalu banyak kenaikan yang terjadi di kurva imbal hasil sebagai ekspektasi terhadap naiknya inflasi dan sekarang berbalik turun. Selain itu, ada keprihatinan terhadap ekonomi global dimana masih banyak negara yang belum memiliki rencana vaksin yang kuat yang bisa berdampak negatif bagi pemulihan ekonomi global.

Dan sebelum naik lebih tinggi, perlu ada konfirmasi bahwa kenaikan yields treasury 10 tahun AS telah betul-betul tertangani.

Ini adalah pertempuran besar antara the Fed dan pasar. The Fed terus mengatakan bahwa setiap inflasi yang terjadi sekarang ini adalah bersifat sementara, sementara pasar mulai kuatir bahwa the Fed ketinggalan dibelakang kurva imbal hasil.

Pasar juga menantikan pengumumnan tingkat bunga dari ECB dan BoC pada minggu ini. ECB akan memperhatikan setiap kenaikan inflasi umum yang sementara dan tidak akan mentolelir pergerakan yang signifikan di dalam yields obligasi kecuali itu adalah hasil dari prospek pertumbuhan yang membaik.

Pasar juga akan memperhatikan data klaim pengangguran mingguan AS yang terbaru dan penjualan rumah lama yang akan keluar pada hari Kamis dan PMI manufaktur AS serta penjualan rumah baru pada hari Jumat.

“Support” terdekat menunggu di $1,759.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750.00 dan kemudian $1,723.20. “Resistance” terdekat menunggu di $1,785.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800.00 dan kemudian $1,809.40. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com